Labels

GAMBAR-GAMBAR

  • PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDROID
  • BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
  • SITEM OPERASI OPEN SOURCE
  • KEMAJUAN APLLE

Selasa, 19 Maret 2013

OPERATOR ARITMATIKA


Kali ini saya akan membuat sebuah program berbasis WEB yaitu operasi dasar bilangan atau operasi aritmatika dimana didalamnya saya menggunakan 2 buah bahasa pemrograman WEB, HTML yang dipadukan dengan PHP. PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Prepocessor. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman (bahasa scripting) yang terpasang pasa HTML. Namun pada dasarnya bahasa ini dapat berdiri sendiri tanpa dicampurkan dengan bahasa pemrograman WEB lainnya. Nah, disini jika file HTML telah dipadukan dengan PHP maka penyimpanan filenya harus berekstensi .php.
¡  Ada 3 macam cara penulisan kode PHP:
§  <? echo "ini adalah script PHP"; ?>
§  <?php echo "ini juga script PHP";?>
§  <script language="php"> echo "script PHP dalam tag HTML"; </script>
Mungkin itu saja sedikit penjelasan tentang bahasa pemgograman PHP. Langsung saja, sekarang kita mulai pembahasan mengenai program yang saya buat. Dibawah ini merupakan screenshot dari program tersebut.


Dan selanjutnya dibawah ini adalah screenchot dari script atau sourcode.



Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya setiap kali kita akan menuliskan code yang menggunakan bahasa pemrograman HTML maka pada baris pertama kita menggunakan code <!DOCTYPE HTML>, selanjutnya code <html> menandai bahwa menggunakan bahasa pemrograman html, <head> sebagai kepada dari WEB yang beriisi title atau judul dan <body> sebagai isi dari sebuah WEB. Disamping itu ada code <frame> untuk membuat frame, <table> untuk pembuatan table, <h2> untuk mengatur besar kecilnya kata, dan bgcolor untuk memberikan warna background. Dalam program ini terdapat code yang mungkin masih belum dimengerti yaitu placeholder yang digunakan untuk memberikan keterangan pada textfield atau beberapa inputan lainnya seperti combobox. Dan juga tedapat code required digunakan sebagai pemberi peringatan (warning) pada sebuah inputan yang tidak diisi. Kedua kode tersebut berada pada baris ke 7, 8 dan baris ke 10. Code Selanjutnya merupakan inti dari program ini dimana cedo tersebut menggunakan bahasa pemgograman php karena ditandai dengan adanya code <?php dan diakhiri dengan ?>. didalam code tersebut saya menggunakan operasi struktur control if- if else-else if.
Pada baris ke 13 terdapat code-code yang mungkin baru kita ketahui (untuk pemula) dimana ada isset dan $_POST. Isset berfungsi untuk menyatakan apakah variable tersebut sudah diset atau belum, jika sudah maka variable akan mengembalikan nilai true. Code selanjutnya adalah $_POST,  code ini jika dijava memiliki methoh yang digunakan untuk mengambil nilai dari sebuah variable seperti gettext””; nah code $_POST merupakan code yang digunakan untuk mengembalikan nilai tersebut, dengan catatan setiap menggunakan code tersebut harus diikuti dengan [ nama variable ] karena code yang berada pada tanda kurung kotak tersebutlah yang akan diambil nilainya.
Disamping saya menggunakan struktur control if- if else-else if, saya juga menggunakan switch case break; pada switch saya berikan beberapa kondisi untuk pengambilan operator. Case pertama digunakan untuk mengoperasikan operasi pertambahan dengan rumus $hasil = $_POST[“angka01”] + $_POST[“angka02”]. Variable $hasil disini digunakan untuk menempung hasil dari proses operator ini. Case pertama digunakan untuk mengoperasikan operasi pengurangan dengan rumus $hasil = $_POST[“angka01”] - $_POST[“angka02”]. Case pertama digunakan untuk mengoperasikan operasi perkalian dengan rumus $hasil = $_POST[“angka01”] * $_POST[“angka02”]. Case pertama digunakan untuk mengoperasikan operasi pembagian dengan rumus $hasil = $_POST[“angka01”] / $_POST[“angka02”].
Program ini menggunakan table yang bordernya 0, didalamnya terdapat textfield untuk inputan angka pertama dan combonox yang digunakan untuk memilih operator yang akan dijalanka, textfield untuk inputan angka  kedua dan sebuah tombol yang digunakan untuk  memroses operasi aritmatikan dengan nama hitung. 


Sourcode bisa didownload Disini

1 komentar:

  1. maf saya mau tanya setelah saya mengikuti kode anda diatas namu hasilnya tidak ada tombol hitung, apakah itu kodenya sudah lengkap?

    BalasHapus

Recent Post

Comments