Labels

GAMBAR-GAMBAR

  • PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDROID
  • BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
  • SITEM OPERASI OPEN SOURCE
  • KEMAJUAN APLLE

Sabtu, 09 Maret 2013

Form Registrasi menggunakan bahasa html


Langsung saja, kali ini ane bakalan buat web paling sederhana sebut saja form registrasi dengan bahasa html karena dapat tugas dari dosen ane gan. Contoh webnya yang dari dosen ane seperti ini :



Tapi ane coba-coba buat sesuatu yang beda dari yang dari tugasnya jadi maaf ya pak, nah seperti ini web yang sudah ane buat semalem.


Dan ini bahasa htmlnya gan :



Penjelasan :
Seperti postingan yang sebelumnya sudah ane jelaskan dasar-dasar bahasa html dimana bahasa html pasti menggunakan awalan <html>…..</html>karena kode ini  untuk memberitahu computer bahwa tulisan yang kita ingin tulis  menggunakan bahasa html, selanjutnya <head>…</head> pada penulisan html, akan terbagi bagian head dan bagian body.Penggunaan tag <head> biasanya untuk menuliskan bagian awal halaman, sedangkan bagian isi biasanya dengan tag <body>.

Pada baris ke 4 terdapat code <title>Uji Coba </title>yang digunakan sebagai judul web yang terdapat dibagian atas webbrowser. Kemudian pada baris ke 7 terdapat code <h2>FORM REGISTRASI</h2>, tulisan tersebut menghasilkan sebuah tulisan FORM REGISTRASI pada web, dan penggunaan code <h2> adalah sebagai ukuran dari besarnya tulisan. Seperti yang diketahui bahwa heading ada 6 dimulai dari yang paling besar adalah <h1> dan yang terkecil adalah <h6>.

Pada <body>disini memiliki form ditandai dengan adanya code <form action="" method="get">pada baris ke 8. Selanjutnya terdapat code <ul> pada baris ke 9 dan ditutup pada baris ke 21 dan diantaranya terdapat code <li>. Code ini berfungsi untuk membuat list (bullet) maksud dari <ul>adalah unordered list dan <li>adalah List Item. Code <b> seperti yang ada dinotepad digunakan untuk membuat tulisan diweb menjadi tebal (Bold).

Element INPUT yang berfungsi untuk mendefinisikan input yang akan dimasukkan  pengguna Element ini mempunyai attribute yaitu name, size, type, value, checked. Attribute name mendefinisikan nama dari input kontrol form, attribute size  mendefinisikan ukuran teks pada input kontrol, type mendefinisikan bentuk-bentuk  input kontrol, value mendefinisikan nilai awal/reset/submit, checked mendefinisikan  pilihan terpilih pada type radio/checkbox. Element ini tidak mempunyai tag penutup  dan harus berada di dalam element FORM. Elemen ini berada pada baris ke 10  yaitu  Nama   : <input type = "color" name="nama" /><br /> elemen ini digunakan untuk membuat sebuah text field.

Element SELECT berfungsi untuk mendefinisikan opsi pilihan pada form kontrol. Element ini mempunyai attribute yaitu name, size, multiple(diizinkan banyak  pilihan). Element ini harus berada di dalam element FORM. Elemen ini ada pada  baris ke 11
Jenis Kelamin            :<select name="jenis kelamin">
<option value="                 "></option>
<option value="Laki-Laki">Laki-Laki</option>
<option value="Perempuan">Perempuan</option>
</select><br />
Elemen tersebut digunakan untuk membuat sebuah combobox yang memiliki 3 pilihan. pilihan pertama adalah “        “ , pilihan kedua “laki=laki” dan pilihan ketiga “perempuan”.

Baris ke 16 sampai 18 dan baris ke 28 sampai 30 penjelasannya sama dengan baris ke 10 karena akan menghasilkan textfild dihalaman web. Sedangkan pada baris ke19 sampai 27 penjelasannya sama dengan baris ke 11 yang sama-sama akan membuat sebuah combobox dihalaman web. Namun pada baris ke 22 dengan elemen <input type="submit" />digunakan untuk membuat sebuah bottom submit pada halaman web.

Ada 1 code yang terlupakan disini, sebenernya ane menggunakan code &nbsp; yang digunakan untuk memberikan sebuah spasi, code ini ane gunakan untuk merapikan baris.


Dan seperti ini lah tampilan webnya jika dibuka digoogle chrome.

FORM REGISTRASI

  • Nama                 :
  • Jenis Kelamin    :
  • Tempat Lahir     :
  • Tanggal Lahir    :
  • Alamat               :
  • Kecamatan     & :
  • Nomer Telepon :
  • Email                 :
  • Alamat Web      :



Sourcode bisa didownload Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Comments