Labels

GAMBAR-GAMBAR

  • PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDROID
  • BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
  • SITEM OPERASI OPEN SOURCE
  • KEMAJUAN APLLE

Sabtu, 09 Maret 2013

Dasar-Dasar html


Pendahuluan

Sebenarnya saya sendiri ingin bagi-bagi ilmu buat pembaca, soalnya bahasa HTML itu kata orang-orang ternyata mudah dan simple ! Dan belajarnya gak perlu software
yang macam-macam, cukup sediain simple text editor aja, yah… NotePad itu loh… Ya udah, langsung aja nyok mulai pelajaran hari ini!!!
·         Pertama yang harus dimengerti adalah, bahasa HTML ini selalu menggunakan“tag” seperti ini < dan >.contoh :
<BoDy>tes aja ya…</bodY>
·         Setiap tag, akan ditutup dengan tanda / , seperti contoh diatas <body>…..</body>Bila hal tersebut tidak dilakukan, maka efeknya akan terusterkena pada tulisan-tulisan selanjutnya
·         Penulisan kodenya juga gak usah rapi-rapi banget, karena efek yang keluar akansama, contoh :
<head>coba coba dulu</head>akan sama dengan yang dibawah
<HEAD>Sama aja deh</HEAD>
Atau mau seperti ini, gak ngaruh <HeAd> bla bla blab la</hEaD>

Catatan :
Satu hal lagi yang berbeda dari bahasa pemrograman yang lain, bila ada kesalahan dalam penulisan, anda tidak akan mengalami crash atau yang lain dalam menjalankannya, yang terjadi hanyalah computer tidak mengerti perintah anda dan tidak akan menjalankannya. Contoh :
Bila anda menulis seperti ini <bodi> yah salah tulis </body>yang akanterlihat pada webpage anda hanyalah tulisan yah salah tulis tanpa menghiraukan tulisan diantara tanda < dan >.


Setelah anda semua tahu cara penulisan bahasa HTML, barulah kita mulai
pembuatan webpage nya.
·         Langkah pertamanya adalah dengan membuka text editor yang anda miliki, kalausaya sih, pake notepad.Lalu mulailah menulis kode sebagai berikut :
<html><head><title>webpage baru</title></head><body>Ini tulisanku</body></html>
·         Setelah menulis semuanya, kemudian simpan pekerjaan anda dengan nama(terserah).html, yang perlu diperhatikan adalah ekstensinya, yaitu .html bilaanda lupa menuliskannya maka file anda tidak akan dianggap sebagai file htmloleh computer.
·         Sekarang, tanpa menutup pekerjaan anda, buka file html anda yang baru saja andabuat.Maka akan terlihat kurang lebih seperti ini :



·         Nah, bila hasilnya sudah mirip dengan contoh, kita akan mulai belajar mengertitulisan yang telah saya suruh anda menulisnya.
Yang pertama <html>…..</html>kode ini wajib dituliskan karena untuk memberitahu computer bahwa tulisan yang kita ingin tulis menggunakan bahasa html
Yang kedua <head>…</head>pada penulisan html, akan terbagi bagian head dan bagian body.Penggunaan tag <head>biasanya untuk menuliskan bagian awal halaman, sedangkan bagian isi biasanya dengan tag <body>

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Comments